kerjasama tim, tanggung jawab, dan kepercayaan

Manusia tidak akan bisa hidup sendiri dan tentu saja membutuhkan bantuan dari orang lain. Tidak bisa dipungkiri karena dalam menjalani kehidupan ini kita pasti akan berdampingan dengan orang lain. Sama halnya dengan apa yang gue alami beberapa hari belakangan ini.

Ini dimulai ketika gue mendapatkan tugas untuk me-remake sebuah film yang sebelumnya dibuat oleh kelompok temen gue di kampus. Awalnya tugas ini tentu menjadi sebuah beban karena kesibukan dan banyaknya tugas menjelang Ujian Akhir Semester. Namun perasaan tersebut berkurang sedikit demi sedikit sesuai dengan berjalannya waktu. Itu semua karena spirit dari satu persatu anggotanya. Kita dituntut untuk bisa bekerja sama dengan orang lain, dengan banyak kepala, dan juga banyak pikiran yang berbeda-beda persepsinya satu dengan yang lain. Awalnya memang sangat berat. Namun dari tugas yang kita pegang ini, kita jadi bisa belajar untuk bisa menerima pendapat orang lain dan menjadikannya sebagai satu persepsi yang sama.

Dari kerjasama itulah kita bisa menyatukan banyak ide dan mewujudkannya ke dalam sebuah karya. Karya bersama yang tentunya akan menjadi kebanggaan masing-masing individunya juga orang lain. Bekerja sama menurut definisi gue adalah bisa menyatukan banyak ide ke dalam suatu kesatuan juga bisa menerima kekurangan dan kelebihan orang lain dalam bekerja bersama kita. Tidak mudah memang karena pasti akan ada banyak ketidak cocokan atau bahkan kesalahpahaman di dalamnya. Itu sih tergantung bagaimana kita menyikapinya aja. Kalau kita mau bersikap profesional pastinya semua akan berjalan baik-baik saja dan sesuai yang kita harapkan diawal.

Disamping itu, kita juga dituntut untuk bisa bertanggung jawab. Tanggung jawab terhadap tugas yang kita pegang juga tanggung jawab kepada orang lain yang bekerja bersama kita. Tanggung jawab dalam bekerja sama adalah bertanggung jawab secara keseluruhan. Jangan hanya menyalahkan dan membenarkan satu atau beberapa orang saja. Kita toh masih sama-sama belajar. Dan tentu saja sebuah kesalahan akan menjadi pelajaran yang sangat berharga nantinya dalam kehidupan kita. Berkata jujur merupakan salah satu bentuk dari tanggung jawab kita. Karena kejujuran merupakan hal penting yang akan selalu kita bawa dimanapun kita berada.

Jika sudah berhasil menjalankan tanggung jawab kita, tentu saja orang lain akan bisa mempercayai kita. Apa yang kita lakukan bisa dikatakan sukses kalau kita bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Sebuah kepercayaan sangat mahal harganya. Untuk itu kita harus bisa memegang kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Berat dalam menjalaninya itu pasti. Tapi kalau bisa mengatasinya pasti kita sendiri deh yang akan bangga.

Untuk itu gue mau berterima kasih untuk TARANTULA PRODUCTION yang udah memberikan kepercayaannya buat gue. Terima kasih juga untuk kerja samanya beberapa hari terakhir ini. Acara screening hari ini sukses dan semua materi, waktu, dan juga tenaga semua udah terbayar dengan kepuasan dan rasa bangga. Dari situ pula gue gak hanya mendapatkan sebuah nilai, tapi gue juga mendapatkan banyak sekali pelajaran dan juga sebuah persahabatan serta rasa kekeluargaan dari kalian semua.

Dari awal gue gak pernah menjadikan ini sebuah kompetisi, melainkan sebuah semangat baru untuk bisa menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh orang banyak. Thanks guys... Thanks for everything we done... Love u so much...

Komentar

Postingan Populer