the decision

Pasti kita sering banget merencanakan suatu hal dengan matang namun pada akhirnya rencana tersebut tidak berjalan dengan semestinya. Penyebabnya? pertama adalah cuaca, kedua berkaitan dengan orang-orang yang terlibat dalam rencana tersebut, dan yang ketiga karena diri sendiri yang emang males-malesan dalam menjalankan rencana tersebut. Mungkin penyebab yang ketiga adalah penyebab yang paling fatal. Semua rencana yang sudah kita buat berantakan karena kita sendirilah penyebab dari kekacauan tersebut.

Parahnya, gue sering banget melakukan hal itu. Gue sering banget membuat rencana yang kalau gue bayangin akan berjalan dengan baik. Tapi saat hari H nya gue malah males-malesan dan selalu berfikir hal yang tidak baik atas rencana gue itu. Gue selalu mencari alasan agar gue pada akhirnya benar-benar gak ngelakuin rencana gue sebelumnya.

Contohnya hari ini. Gue sebenernya udah punya rencana untuk pergi sama temen gue nonton musik di mall. Gue udah ada bayangan dari minggu kemarin kalau gue pasti akan bisa bersenang-senang disana. Namun nyatanya hari ini yang gue lakuin cuma nonton tv dan ngebayangin sesuatu yang mengganjal di pikiran gue. Pertama memang karena temen gue gak ada kabar. Kedua karena kondisinya habis hujan. Tapi sebenernya semua itu bukan kendala buat gue karena gue bisa aja nelpon temen gue dan hujan juga udah berhenti (walaupun pasti jalanan akan becek).



Tapi itulah hidup. Semua berdasarkan kepada pilihan dan keputusan kita sendiri. Kita harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Sebuah keputusan pasti akan menentukan bagaimana kita kedepannya. Berusahalah untuk memilih keputusan yang baik dan berharap keputusan yang telah kita ambil bukanlah keputusan yang buruk. Karena jika tidak, penyesalanlah yang hanya bisa kita rasakan. Seperti kata pepatah "penyesalan selalu datang terlambat".

Eits... tapi penyesalan yang terlambat adalah pembelajaran utama lho buat hidup kita. Karena dengan penyesalan kita pasti berniat untuk tidak mengulanginya lagi di kemudian hari. Nah, kalau buat yang masih sering salah ambil keputusan dan menyesal pada akhirnya kayak gue ini. Jangan pernah menyerah. Teruslah berusaha untuk bisa menerima apa yang telah kita pilih. Dan usahakan jangan menyesal pada akhirnya. Toh kan kita sendiri yang sudah memilih itu. Dan tentu saja berusaha terus untuk tidak salah ambil keputusan.

Pada dasarnya sih semua ada pada satu hal, yaitu "malas". Karena kalau rasa malas ini sudah keluar, maka apapun hal yang sudah kita rencanakan pasti akan berantakan. Jadi, kurangin rasa malas kita. Karena rasa  malas itu yang akan memberika penyesalan pada kita nantinya.

Pesan buat diri gue sendiri: jangan males dong, Madha. Lo kan udah sering banget nyesel. Masa iya mau terus-terusan nyesel kayak gini. Kapan mau dewasanya. Kurang ya belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah lo buat sebelumnya. Boleh sekali-sekali males. Tapi jangan keseringan. Gak baik buat kehidupan lo mendatang. Inget umur. Lo gak bisa kayak gini terus. Change to be different itu bagus lho. Gue yakin lo pasti bisa...




Komentar

Postingan Populer