true friends

Berteman itu bisa kapan saja, dimana saja, serta sama siapa saja. Dan membuat pertemanan itu mudah. Yang penting antara satu dan yang lainnya bisa saling nyambung dan nyaman. Ditambah lagi segala aktivitas dilakukan secara bersama-sama. Pokoknya bagaikan perangko dan amplop deh. Kalau satu gak ada bagaikan sayur tanpa garam yang langsung jadi bahan omongan seantero jagad raya kayak pasangan seleb yang baru cerai.

Namun sebenarnya berteman itu bukan hanya berkumpul dan melakukan aktivitas bersama. Berteman itu saling menyatukan hati, pikiran, emosi, serta saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berteman bukan hanya membicarakan masalah kesenangan. Berteman itu juga harus mau menerima segala kesedihan dan kesusahan.

Berteman tidak hanya memikirkan ego sendiri tetapi juga harus mau mengerti perasaan orang lain. Namun berteman juga tidak selalu menuruti apa kata orang lain dan mengorbankan diri sendiri. Berteman haruslah seimbang seperti yin dan yang. Berteman tidak boleh merugikan dirisendiri apalagi merugikan yang lain. Semua harus berjalan seiring seirama.

Namun berteman tidak bisa dilalui secepat mengedipkan mata. Berteman membutuhkan waktu yang sangat panjang. Karena menyatukan pikiran dan ego yang berbeda merupakan hal yang paling mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Waktu pun tidak bisa menjanjikan sesuatu yang pasti. Cepat atau lambat, banyak atau sedikit, sering atau tidak sering, semuanya merupakan sebuah tantangan dalam berteman. Berteman itu bagaikan menghisap permen nano nano. Banyak rasa, banyak pilihan, banyak tantangan.

Tapi tanpa disadari waktulah yang akhirnya menentukan layak atau tidaknya suatu pertemanan. Sebenarnya, kalau satu sama lain bisa saling mengerti dan memaklumi semua akan berjalan sesuai harapan. Namun karena kepercayaan diri yang tinggi dan keangkuhan yang tak terbatas membuat segalanya tak semudah yang dibayangkan. Hanya hati dan perasaan yang akhirnya menentukan apakah layak pertemanan ini dan apakah bisa pertemanan ini berlanjut sebagai persahabatan yang sejati.

Komentar

Postingan Populer