My Every First Time

Hay guys...
Maafkan karena udah sebulan lebih gak nulis disini. Kangen juga rasanya udah lama gak curhat sama diri sendiri.
Apa kabar gue hari ini? Jawabannya tak tergambarkan.
Efek libur semester selama 3 bulan masih aja nyangkut di diri gue. Bener-bener jadi pemalas disini. Huhuhuhu.

Gue merasa sangat bersyukur karena bisa diberi kesempatan untuk menggali diri gue lebih jauh lagi. Gue diberi kesempatan untuk menantang diri gue sendiri untuk keluar dari zona yang paling nyaman. Membuat suatu keputusan bukanlah hal yang mudah apalagi kalau lo harus meninggalkan apa yang udah lo miliki saat ini. Namun terkadang juga meninggalkan sesuatu akan menjadi hal yang paling baik dan membuka banyak jalan untuk lo bisa mendapatkan banyak hal dari yang sebelumnya belum pernah lo dapetin. Rasa penyesalan gue saat ini sudah hilang. Dan tak terasa gue sudah bertahan lebih dari 6 bulan lamanya dan gue merasa gue semakin kaya. Kaya akan ilmu, pengalaman, keberanian, teman, keluarga, pengetahuan, dan apa yang sebelumnya gak pernah gue bayangin akan gue dapetin saat ini. Dan beberapa pengalaman pertama gue bermula disini.

Gue berani keluar dari pekerjaan karena memutuskan kuliah di Malaysia walaupun awalnya terasa berat. Gue berani keluar rumah dan meninggalkan orang tua untuk waktu yang lama juga karena kuliah. Gue berani mewujudkan cita-cita dan mimpi gue untuk lanjut kuliah. Gue bisa tinggal di luar negeri karena mimpi gue. Gue bisa ketemu orang-orang baru, tempat baru, juga budaya baru karena mimpi gue. Gue terpaksa merayakan ulang tahun jauh dari orang tua untuk pertama kalinya. Gue ngerasain puasa pertama di negeri orang. Gue ngerasain lebaran Idul Adha pertama di negeri orang. Gue berani menerima tantangan untuk masuk ke kelompok lain yang berbeda budaya, bahasa, etnik, dan agama. Semua gue dapetin tanpa persiapan apapun. Hanya keyakinan yang gue bawa untuk melewati semua ini.

Rasa takut akan kehilangan apa yang sudah gue miliki sebelumnya semua terhapuskan. Itu semua hanya ketakutan gue semata. Nyatanya gue masih bisa mempertahankan semua itu sampai saat ini. Gue memang kehilangan pekerjaan tapi gue masih bisa ngerasain saat gue libur kuliah atau saat gue ngebantu teman-teman yang butuh bantuan disini. Gue jauh dari orang tua, keluarga, dan teman-teman tapi gue masih bisa berhubungan sama mereka semua (thanks to social media and gadget). Gue masih bisa deket sama orang yang spesial buat gue walaupun kita terpisah jauh dan jarang banget berkomunikasi. Gue dapet temen baru yang bisa diajak mencari pengalaman dan berbagai ilmu dan memiliki hobi yang sama (thanks God Allah akhirnya gue gak sendirian banget karena banyak aktivitas yang bisa gue lakuin bareng roommate n classmate).

Semuanya sangat berharga buat gue karena belum tentu orang lain juga bisa ngedapetin apa yang gue dapetin selama ini. Sekarang tinggal bagaimana cara gue bisa lebih bersemangat dan tidak malas (ini yang susah). Maklum lah kalau udah lama gak ngerasain duduk di bangku kuliah. Butuh asupan semangat yang berlimpah untuk mau buka buku dan menggali ide mengenai pendidikan. Semangat Madha. You can do it. You must do it!!! 

Komentar

Postingan Populer